Editorial Team

Editor In Chief

Kiki Septaria, M.Pd
Universitas Islam Lamongan, Indonesia
Bidang: Pendidikan IPA dan STEM / STEAM, Mitigasi Bencana dalam pendidikan, Media Pembelajaran Inovatif, Etnosains, dan Literasi Sains
 

Managing Editor

Miftahus Sholihin, M.Sc., PhD.
Universitas Islam Lamongan, Indonesia
Bidang: Citra, Data Science, Big Data, Artificial Intelligence, Machine Learning, Mathematics

Editorial Board

Dwi Bagus Rendy Astid Putera, M.Pd.
Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
Bidang: pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi dan kearifan lokal, strategi pembelajaran kimia, serta penerapan metode inovatif seperti augmented reality dan game-based learning untuk meningkatkan motivasi dan literasi sains siswa.
 
Nurhaningtyas Agustin, M.Pd.
Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban , Indonesia
Bidang: pengembangan pembelajaran sains berbasis humanistik, ekoliterasi, dan teknologi. Fokus penelitiannya meliputi peningkatan literasi sains, pengembangan bahan ajar tematik, serta pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pendidikan dan penggunaan kecerdasan buatan.
 
Moh. Ahsan Shohifur Rizal, M.Pd.
Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Bidang: Pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teknologi, khususnya pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk materi pembelajaran, serta eksplorasi sastra sibernetik dan literasi kritis.
 
Dian Luthfiyati, M.Pd.
Universitas Islam Lamongan, Indonesia
Bidang: linguistik terapan, analisis wacana, dan pengembangan pembelajaran berbasis teknologi.
 
Jhelang Annovasho, ,M.Si.
Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
Bidang: fisika terapan, elektromagnetika, optoelektronika, dan pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL). Penelitiannya mencakup pengembangan media pembelajaran interaktif seperti e-modul dan multimedia berbasis Android, penerapan model POE (Predict, Observe, Explain), serta penerapan STEAM dan PjBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran fisika.
 
Budiman, M.Pd.
STIKIP YAPIS Dompu, Indonesia
Bidang:  pengembangan perangkat dan model pembelajaran inovatif di berbagai disiplin ilmu, terutama pada bidang pendidikan sains, teknologi, dan sosial-humaniora. Karya-karyanya banyak berorientasi pada penerapan pendekatan konstruktivistik, inkuiri terbimbing, pembelajaran kontekstual (CTL), dan media berbasis teknologi digital seperti e-modul, Team Viewer, dan WhatsApp untuk mendukung efektivitas pembelajaran jarak jauh maupun tatap muka. Penelitian Budiman juga menyoroti integrasi nilai budaya lokal seperti “Nggahi Rawi Pahu” dalam pengembangan perangkat pembelajaran biologi, yang menunjukkan komitmen terhadap pendidikan kontekstual dan karakter lokal.
 
Dian Setya Widodo, S.T., M.T.
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
Bidang: Sistem dan manajemen manufaktur, dengan penekanan pada optimasi proses produksi, efisiensi energi, dan pengembangan teknologi berbasis algoritma metaheuristik. 
 
Dr. Widia, M.Pd.
STIKIP Harapan Bima, Indonesia
Bidang: inovasi pembelajaran IPA yang menekankan pengembangan keterampilan berpikir kreatif, life skills, dan penerapan prinsip Education for Sustainable Development (ESD). Penelitiannya menunjukkan konsistensi dalam mengintegrasikan berbagai model pembelajaran berbasis masalah (PBL), inkuiri terbimbing, dan strategi konflik kognitif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
 
M. Khairul Anam, SH.,SP.,MP.,MBA.
Universitas Islam Lamongan, Indonesia
Bidang: Ekonomi perikanan, agribisnis, dan manajemen sumber daya perairan dengan pendekatan kuantitatif dalam menganalisis efisiensi, profitabilitas, serta keberlanjutan sektor perikanan dan pertanian.
 
I Nyoman Laba Jayanta, M.Pd.
Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
Bidang: inovasi pembelajaran dan pengembangan media digital dalam pendidikan dasar, khususnya pada peningkatan kualitas pembelajaran IPA, IPS, dan literasi digital siswa sekolah dasar.
 
Ir. Katon Muhammad, S.T., M.T.
Universitas Jendral Sudirman, Indonesia
Bidang: Rekayasa industri dan manajemen kualitas dengan penelitian yang mencakup pengendalian kualitas, efesiensi proses produksi, perancangan sistem industri, serta pengembangan produk dan layanan berbasis teknologi.